Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BERPIKIR POSITIF INDAH (SEBUAH KATA DARI ACCOUNT FB YG SELALU MELEKAT)

Berpikir positif berarti selalu berpikir tentang kebaikan, baik dari keburukan maupun dari kebaikan itu sendiri. Pikiran yang positif akan membuahkan sikap yang optimis. Optimis berarti jauh dari keputusasaan. Hal tersebut sangat berpengaruh pada apa yang akan kita dapatkan. Mengapa demikian? Tentunya karena prasangka kita akan sesuatu secara alami mengarahkan kita kepada masa depan yang akan terjadi. Begitu pula ketika berdoa. Bukankah Allah SWT berfirman bahwasanya Dia mengabulkan doa sesuai dengan prasangkaan hamba-Nya. Bacalah kisah berikut.
Seorang gadis negro berusia 11 tahun, Akeelah Andersoon, Memiliki kecerdasan luar biasa dalam menghafal dan mengeja kata-kata. Tidak hanya Bahasa Inggris, tetapi juga berbagai bahasa di seluruh dunia. Sayangnya, dia punya sifat minder. Karena didorong oleh gurunya, dia berani bertanding di atas panggung dengan anak-anak berkulit putih. Oleh gurunya, dia disarankan berlatih pada Dr. Larabee. Saat latihan Akeelah melontarkan keinginannya dengan penuh keyakinan dan optimis. Dia berteriak total “ I want be the winner of spelling! “ ucapannya itulah yang tertanam kuat di hatinya. Akeelah adalah peserta termuda. Awalnya, dia tidak percaya diri pada kemampuannya. Apalagi ada saingan tanpa tanding yang dua kali berturut-turut juara dua nasional, bernama Dylan. Namun, Akeelah ingat kata-kata pelatihnya. Ketakutan terdalam kita bukanlah karena tidak cakap. Ketakutan terdalam kita adalah karena kita mampu mengukur. Dengan segala keyakinannya, tiba-tiba dia bisa mengeja kata-kata tersulit sekalipun. Sampai kemudian dia memenangkan perlombaan dan maju ke tingkat nasional bersama Dylan. Ketika akan ke tingkat nasional, pelatihnya tidak bersedia melatih lagi. Tapi Akeelah tetap bersikeras untuk mengikuti lomba mengeja. Walaupun dia tahu terlalu sulit mengalahkan Dylan. Lagi-lagi pikiran positif akan menang menjadi kekuatan baginya. Yah, bisa ditebak. Akeelah pun berhasil menjadi juara pertama.
Cuplikan cerita di atas merupakan sinopsis film Akeelah and Bee yang mengisahkan tentang the power of positive thinking seorang gadis bernama Akeelah. Meski usianya baru 11 tahun, dia yakin dapat mengalahkan lawan sehebat apapun. Dia yakin bahwa Tuhan akan mengabulkan keinginannya.
Agaknya sedikit banyak cerita tersebut memberikan banyak hikmah. Di antaranya, pikiran positif akan membawa kita pada kondisi yang lebih baik. Tidak ada yang dapat menggoyahkan kita tatkala kita sudah berpikir positif. Sekalipun kita dalam keadaan stres, misalnya kegagalan SNMPTN tahun ini tidak lantas membuat kita menyerah. Justru membangkitkan semangat kita untuk berhasil pada tahun selanjutnya. Atau ketika ekonomi keluarga memburuk; kita yakin bahwasanya Allah tidak akan membiarkan hamba-Nya terlunta-lunta di dunia.
Positif thinking juga diperlukan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Sebagai contoh, di sebuah rumah kos ada seorang mahasiswi bernama Aira kehilangan dompetnya. Dia berprasangka salah satu dari teman-temannya lah yang mengambil dompetnya. Mereka tidak bisa menerima tuduhan itu karena tidak ada yang merasa mengambil. Namun, Aira tetap bersikeras. Sampai akhirnya pada suatu sore, seorang ibu mengantarkan dompet milik Aira. Ibu tersebut berkata bahwa ia mlihat dompet Aira terjatuh di jalan. Nah lho, sekarang ketahuan kan mana yang benar dan mana yang asal tuduh tanpa bukti konkrit.
Kawan, berpikir negatif sangat buruk dampaknya bagi diri kita dan lingkungan. Dalam diri kita menimbulkan kecemasan, prasangka-prasangka, dan su’udzon, naudzubillah min dzalik. Positif lebih baik demi kemaslahatan bersama walaupun kadang tidak sesuai dengan kenyataan. So, be positive thinking for get the best future!

Semarang, 24 Januari 2010

Posting Komentar untuk "BERPIKIR POSITIF INDAH (SEBUAH KATA DARI ACCOUNT FB YG SELALU MELEKAT)"